Surat Edaran tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pegawai Negeri Sipil - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Edaran tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pegawai Negeri Sipil

Coesmana Family.com - Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana pada tanggal 4 Maret 2022 telah menerbitkan Surat Edaran tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pegawai Negeri Sipil.

Surat Edaran BKN Nomor 5 tahun 2022
tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa
bagi  Pegawai Negeri Sipil

Surat Edaran dengan Nomor 5 tahun 2022 yang berlaku mulai tanggal ditetapkan 4 Maret 2022, dilatar belakangi dalam rangka pemberian penghargaan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berprestasi luar biasa, khususnya bagi pejabat fungsional dan penerima Anugerah Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sehingga perlu menetapkan Surat Edaran tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pegawai Negeri Sipil.

Maksud dan tujuan Surat Edaran tersebut yaitu sebagai pedoman bagi Instansi Pusat dan Instansi Daerah dalam pemberian penghargaan berupa Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pegawai Negeri Sipil yang berprestasi luar biasa, khususnya bagi pejabat fungsional dan penerima Anugerah Aparatur Sipil Negara dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Adapun isi dari Surat Edaran  tersebut adalah sebagai berikut : 

a.     Umum 

1)    Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil diberikan sesuai ketentuan pelaksanaan yang diatur dalam Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 tahun 2002 sampai dengan berlakunya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang pangkat berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 

2)    Kenaikan Pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil yang menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya, dapat diberikan Kenaikan Pangkat setingkat lebih tinggi tanpa terikat pada jenjang pangkat apabila:

a) Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir; dan 

b) Setiap unsur penilaian prestasi kerja bernilai amat baik dalam 1 (satu) tahun terakhir.

3)        Prestasi kerja luar biasa baiknya yang dimaksud pada angka 2) adalah prestasi kerja yang sangat menonjol baiknya yang secara nyata diakui dalam lingkungan kerjanya, sehingga Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan menjadi teladan bagi pegawai lainnya. 

b.    Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi Pejabat Fungsional

1)        Kenaikan Pangkat Luar Biasa juga dapat diberikan bagi Pegawai Negeri Sipil yang menduduki Jabatan Fungsional dengan tidak mempertimbangkan perolehan angka kredit.

2)        Pejabat Fungsional yang diberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa ditetapkan angka kredit berdasarkan pangkat dan golongan/ruang yang diduduki setelah kenaikan pangkatnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3)        Pejabat Fungsional yang memperoleh Kenaikan Pangkat Luar Biasa yang mengakibatkan kenaikan jenjang jabatan, diberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa tanpa diberikan kenaikan jenjang jabatan.

4)        Dalam hal Pejabat Fungsional mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa yang mengakibatkan kenaikan jenjang jabatan, dapat diusulkan kenaikan jenjang jabatannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

5)        Penetapan angka kredit Pejabat Fungsional sebagaimana dimaksud pada angka 2) yang mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dilakukan oleh pejabat penetap angka kredit berdasarkan pertimbangan teknis Kenaikan Pangkat Luar Biasa yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara. 

c.     Kenaikan Pangkat Luar Biasa Bagi Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan Anugerah Aparatur Sipil Negara

1)        Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan seleksi bagi Pegawai Negeri Sipil yang berprestasi dan diberikan Anugerah Aparatur Sipil Negara.

2)        Pegawai Negeri Sipil yang mendapat Anugerah Aparatur Sipil Negara yang termasuk dalam kategori 3 (tiga) besar dan direkomendasikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dapat diberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa satu tingkat lebih tinggi tanpa terikat jenjang pangkatnya.

d.    Mekanisme

1)        Pemberian Kenaikan Pangkat Luar Biasa diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara.

2)        Pengusulan dan proses Kenaikan Pangkat Luar Biasa dilaksanakan secara elektronik (paperless) melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) bagi instansi yang menjadi pilot project SIASN atau melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUdigital), dengan melampirkan:

a)    Usul dari Pejabat Pembina Kepegawaian;

b)    Pas Foto terbaru;

c)    SK Kenaikan Pangkat terakhir;

d)    SK Jabatan terakhir;

e)    Surat Pernyataan Pelantikan;

f)     Hasil penilaian prestasi kerja 1 (satu) tahun terakhir setiap unsur bernilai amat baik;

g)    Usul penetapan Anugerah Aparatur Sipil Negara dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang ditujukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, khusus bagi Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan Anugerah Aparatur Sipil Negara; dan

h)    Surat Keputusan atau sertifikat penghargaan Aparatur Sipil Negara teladan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, khusus bagi Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan Anugerah Aparatur Sipil Negara.

3)        Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan Anugerah Aparatur Sipil Negara dapat diusulkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara.

4)        Kepala Badan Kepegawaian Negara menetapkan Pertimbangan/Persetujuan Teknis Kenaikan Pangkat Luar Biasa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian informasi mengenai Surat Edaran tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi  Pegawai Negeri Sipil. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Sumber : jdih.bkn.go.id

Download SE BKN Nomor 5 tahun 2022 tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa bagi  Pegawai Negeri Sipil.

DOWNLOAD FILE

================================================

Informasi Menarik Lainnya dari Blog Coesmana Family.

Apabila Anda menyukai informasi seputar kesehatan alami dari manfaat tanaman seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, silahkan luangkan waktu untuk membaca artikelnya dalam blog ini pada kumpulan artikel Kesehatandiantaranya adalah artikel :

Kami juga menyediakan artikel mengenai resepi masakan yang dapat dijadikan referensi untuk anda, yang dapat dicoba untuk disajikan bersama keluarga tercinta sambil menikmati waktu istirahat setelah seharian bekerja, pada kumpulan artikel Kuliner diantaranya :