27 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh Kita - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

27 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh Kita/ iStock

Daun salam yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum merupakan pohon penghasil daun rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur.

Daun salam banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini disajikan kandungan nutrisi daun salam sebagai berikut:

  1. 313 kkal Energi;
  2. 23 miligram natrium;
  3. 834 miligram Kalium;
  4. 43 miligram zat besi;
  5. 120 miligram Magnesium;
  6. 3,7 miligram Seng;
  7. 113 miligram Forfor;
  8. 180 mikrogram Asam folat;
  9. 1,7 miligram Piridoksin;
  10.  0,4 miligram Riboflavin;
  11.  46,5 miligram Vitamin C;
  12.  6.185 Unit Internasional (IU) Vitamin A;
  13. 75 gram karbohidrat;
  14. 7,6 gram protein;
  15. 0 miligram Kolesterol;
  16. 8,3 gram lemak;
  17. 2 miligram Niasin; 
  18. 26,3 gram serat;
  19. vitamin B2;
  20. Tanin;
  21. Alkaloid;
  22. Steroid;
  23. Triterpenoid; dan
  24. Flavonoid.

Semua kandungan nutrisi tersebut yang membuat daun salam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam rebusan daun salam bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya meliputi:

1. Memperbaiki saluran pencernaan

Daun salam memiliki enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan memberikan rasa nyaman bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Pada rebusan daun salam efektif mengatasi iritasi usus besar hingga mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

Air rebusan daun salam dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, mulas, buang air besar tidak teratur dan sembelit.

2. Menurunkan berat badan

Perpaduan daun salam dan kayu manis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan membakar kelemahan pada tubuh. Daun salam mengandung diuretik yang dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan cairan yang tidak perlu dengan cepat.

3. Mengobati luka

Manfaat lain dari rebusan daun salam adalah untuk mengobati luka. Daun salam memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengobati luka.

4. Membuat rambut menjadi sehat

Kombinasi daun salam dengan minyak kemiri atau minyak zaitun, jika dioleskan pada rambut saat hangat, akan membantu membuat rambut tidak mudah rontok dan berkilau.

5. Mengurangi ketombe

Daun salam yang dihaluskan dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Dengan campuran daun salam yang telah dihaluskan dengan air hingga berbentuk pasta, dioleskan ke kulit kepala dapat mengurangi ketombe.

6. Menghilangkan pegal linu

Rebusan daun salam yang digunakan untuk berendam selama kurang lebih satu jam dapat mengurangi nyeri tubuh.

7. Menghilangkan gatal

Manfaat rebusan daun salam yang digunakan untuk campuran air mandi, dapat membantu menyembuhkan gatal-gatal pada tubuh.

8. Melembabkan kulit

Daun salam bisa bermanfaat untuk melembabkan kulit.

9. Membantu mengatasi asam urat

Air rebusan daun salam dapat membantu mengatasi masalah asam urat. Flavonoid yang terkandung dalam rebusan daun salam dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

10. Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid dalam air daun salam dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan quercetin pada daun salam dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, rebusan daun salam mengandung asam caffeic yang dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

12. Mengobati stroke

Kandungan rebusan daun salam juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit stroke.

13. Menyembuhkan radang pada lambung

Manfaat lain air daun salam dapat menyembuhkan radang lambung.

14. Kesehatan jantung

Asam caffeic yang terkandung dalam rebusan daun salam merupakan senyawa organik yang penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Rebusan daun salam dapat memperkuat dinding kapiler di jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada sistem kardiovaskular.

15. Meredakan stres dan kecemasan

Daun salam juga mengandung linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama jika digunakan sebagai aromaterapi.

16. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan flavonoid dalam rebusan daun salam bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang bisa menjadi penyebab penyakit diabetes.

17. Membantu melancarkan haid dan menyembuhkan keputihan

Kandungan dalam rebusan daun salam dapat membantu melancarkan haid dengan lancar dan juga dapat menyembuhkan keputihan.

18. Menjaga kesehatan gigi

Rebusan daun salam juga diduga mampu menjaga kebersihan gigi dan menjaga kekuatan gigi.

19. Mencegah batu ginjal

Daun salam memiliki fungsi untuk menurunkan kadar urease dalam tubuh. Kadar urease yang tidak seimbang dapat menyebabkan batu ginjal. Sehingga mengkonsumsi rebusan daun salam ini dapat membantu mengatasi batu ginjal.

20. Membuat tidur lebih nyenyak

Mengkonsumsi rebusan daun salam dapat memberikan efek menenangkan, dan jika diminum sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

21. Mengobati diare

Daun salam mengandung etanol yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri E.coli, Salmonella sp, dan Vibrio cholera. Bakteri inilah yang menjadi penyebab diare. Dengan menghambat pertumbuhan bakteri ini dapat membantu penyembuhan diare.

22. Anti-Inflamasi

Khasiat lain yang terkandung dalam rebusan daun salam adalah mengurangi bau busuk. Daun salam mengandung fitonutrien unik yaitu parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi.

23. Kekebalan tubuh

Dalam rebusan daun salam mengandung vitamin B6, B12, C dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam air rebusan daun salam efektif dalam melawan radikal bebas.

24. Melawan radikal bebas

Selain memiliki sifat antivirus, antibakteri dan antijamur, daun salam juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Radikal bebas dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah polusi udara.

25. Menjaga fungsi saraf

Kandungan vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat pangan dan vitamin B seperti niasin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin akan membantu fungsi sistem saraf, mensintesis enzim dan mengatur metabolisme tubuh.

26. Menangkal Kanker

Kandungan antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, terbukti mampu menahan perkembangbiakan sel kanker serviks dan membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

27. Obat penghilang rasa sakit

Minyak atsiri yang terkandung dalam rebusan daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol efektif untuk membunuh bakteri dan jamur. Rebusan daun salam juga baik untuk meredakan peradangan dan nyeri seperti keseleo, rematik dan rematik.

Cara Konsumsi Daun Salam

Daun salam dapat digunakan sebagai bahan untuk memasak berbagai jenis masakan dengan cara dicemplungkan dalam masakan. Namun jika ingin meminum air rebusan daun salam, dapat dibuat dengan cara ambil 10 sampai 15 lembar daun salam, direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Dan rebusan daun salam siap untuk diminum.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "27 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh Kita"