PP Nomor 28 Tahun 2022 Tentang Pengurusan Piutang Negara - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PP Nomor 28 Tahun 2022 Tentang Pengurusan Piutang Negara

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2022 mengatur tentang Pengurusan Piutang Negara Oleh Panitia Urusan Piutang Negara.

Bahwa pengelolaan keuangan negara untuk mewujudkan tujuan bernegara dapat menimbulkan hak pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk piutang negara atau piutang daerah yang saat ini diurus oleh panitia urusan piutang negara berdasarkan Undang-Undang Nomor 49 Prp. Tahun 1960 tentang Panitia Urusan Piutang Negara.

Bahwa dengan adanya piutang negara yang diurus oleh panitia urusan piutang negara dan belum terselesaikannya kewajiban para penanggung utang atau penjamin utang sebagaimana mestinya maka perlu memperkuat tugas dan fungsi panitia urusan piutang negara sekaligus memperkaya upaya penagihan, dan melakukan tindakan keperdataan serta tindakan layanan publik.

PP Nomor 28 Tahun 2022 Tentang Pengurusan Piutang Negara

Piutang Negara adalah jumlah uang yang wajib dibayar kepada negara berdasarkan suatu peraturan, perjanjian atau sebab apapun. 

Panitia Urusan Piutang Negara yang selanjutnya disingkat PUPN adalah panitia yang bersifat interdepartemental yang meliputi PUPN pusat dan PUPN cabang.

Piutang Negara yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini meliputi piutang pemerintah pusat/pemerintah daerah.

Piutang Negara tidak termasuk:

a. Piutang Negara yang penyelesaiannya diatur tersendiri dalam peraturan perundang-undangan; dan

b. Piutang Negara yang tidak dapat diserahkan pengurusannya kepada PUPN.

Piutang Negara yang diurus oleh PUPN merupakan piutang yang adanya dan besarnya telah pasti menurut hukum, tetapi Penanggung Utang dan/atau Penjamin Utang tidak melunasi sebagaimana mestinya.

Piutang Negara harus memenuhi kriteria:

a. didukung dokumen sumber atau dokumen pendukung yang memadai sehingga dapat dibuktikan subjek hukum yang harus bertanggung jawab terhadap penyelesaiannya; dan

b. didukung dokumen sumber atau dokumen pendukung yang memadai sehingga dapat dipastikan jumlah/besarannya.

Untuk melihat lebih lengkap tentang Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2022 tentang Pengurusan Piutang Negara Oleh Panitia Urusan Piutang Negara, dapat di lihat dan di download pada link dibawah ini.

DOWNLOAD FILE

Semoga bermanfaat dan terima kasih.