Harga Pertamax Naik Mulai 1 April 2022, Berapa Harga di Daerah Anda ?? - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pertamax Naik Mulai 1 April 2022, Berapa Harga di Daerah Anda ??

Penyesuaian harga Pertamax mulai 1 April 2022 

Coesmanafamily.com - Harga Pertamax Naik Mulai 1 April 2022 

Dilansir dari  Siaran Pers | Pertamina, Pertamina telah memberlakukan penyesuaian harga BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 (Pertamax) menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter. yang diberlakukan mulai tanggal 1 April 2022 mulai pukul 00:00 waktu setempat.

Oh ya, untuk harga Pertamax masing-masing daerah berbeda-beda tergantung dari besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB pada masing-masing daerah. Sekedar informasi, untuk harga Pertamax per liter di DKI Jakarta setelah disesuaikan menjadi Rp.12.500, di Prov. Kalimantan Barat Rp.12.750, di Prov. Riau Rp.13.000. Nah untuk mengetahui harga Pertamax di Prov. Papua dan Prov. Maluku, anda bisa baca pada artikel 👉 Harga Pertamax di DKI Jakarta Rp. 12.500, Kalbar Rp. 12.750, Berapa Harga di Papua ??

Penyesuaian harga dilakukan oleh Pertamina secara selektif, hanya berlaku untuk BBM Non Subsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 17%, dimana 14% merupakan jumlah konsumsi Pertamax dan 3% jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Namun demikian untuk BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebesar 83%, tidak mengalami perubahan harga atau ditetapkan stabil di harga Rp7.650 per liter (Pertalite) dan Rp5.150 per liter (Solar Subsidi). Hal tersebut merupakan kontribusi Pemerintah bersama Pertamina dalam menyediakan bahan bakar dengan harga terjangkau.

Pada bagian lain  disebutkan bahwa penyesuaian harga ini tersebut masih jauh di bawah nilai keekonomiannya. Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya menyatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp. 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp. 16.000 per liter.

Adapun penyesuaian harga bahan bakar minyak tersebut dipicu oleh kenaikan harga minyak dunia hingga lebih dari US$ 100 per barel.  Hal tersebut mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022 tercatat US$ 114,55 per barel atau melonjak hingga lebih dari 56% dari periode Desember 2021 yang sebesar US$73,36 per barel.

Sumber : https://pertamina.com/id/news-room/news-release/pertimbangkan-daya-beli-masyarakat-harga-pertalite-tetap-dan-harga-pertamax-disesuaikan-jauh-di-bawah-harga-keekonomian

===============================

Informasi Lainnya dari Blog Coesmana Family.

Apabila Anda menyukai informasi seputar kesehatan alami dari manfaat tanaman seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, silahkan luangkan waktu untuk membaca artikelnya dalam blog ini pada kumpulan artikel Kesehatandiantaranya adalah artikel :

Oh ya dalam blog ini juga kami menyediakan beberapa resepi masakan yang dapat dijadikan referensi anda sekalian penggemar kuliner yang dapat dicoba untuk disajikan bersama keluarga tercinta sambil menikmati waktu istirahat setelah seharian bekerja, pada kumpulan artikel Kuliner.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya. 
Salam Coesmana Family. 🙏

Posting Komentar untuk "Harga Pertamax Naik Mulai 1 April 2022, Berapa Harga di Daerah Anda ??"