Dekomposer Pengurai Bahan Organik - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dekomposer Pengurai Bahan Organik

(Sumber:Pixabay)

Dekomposer adalah organisme yang bermanfaat untuk menguraikan bahan organik, limbah rumah tangga sehingga bahan organik dapat menjadi kompos.

Apa itu dekomposer atau pengurai?

Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dan organisme lain. Pengurai membantu siklus nutrisi untuk kembali ke ekosistem lainnya.

Dekomposer membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik. Zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui tindakan penguraian. Yang termasuk pengurai (dekomposer) adalah seperti cacing, jamur, bakteri, dan lain-lain. (wikipedia, diambil tanggal 15 September 2021).

Dekomposer sering digunakan dalam pembuatan pupuk organik atau pembuatan kompos dengan bahan baku seperti sisa-sisa tanaman, kotoran ternak seperti kotoran sapi serta limbah organik domestik (rumah tangga).

Bahan organik tersebut didekomposisikan sedemikian rupa sehingga proses disinfektasi (proses menghilangkan sebagian besar atau semua mikroorganisme patogen) dengan bantuan probiotik  (mikrorganisme yang hidup dan membantu mencegah beberapa penyakit), yang akhirnya berubah menjadi pupuk organik yang berkualitas baik,

Manfaat dekomposer

Dekomposer mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik yang dapat secara langsung dimanfaatkan oleh tanaman.

Penggunaan dekomposer bahan organik dimaksudkan untuk mempercepat proses dekomposisi bahan organik terutama sisa tanama berkayu, limbah rumah tangga maupun limbah kandang ternak untuk melakukan desinfektasi bahan kompos sehingga pupuk organik atau kompos yang dihasilkan bebas dari mikroorganisme pathogen, ektoparasit, biji gulma dan tidak berbau busuk. Dekomposer bahan organik mengandung koloni mikroorganisme yang difiksasi dari alam berupa fungi dan bakteri. Koloni mikroorganisme tersebut meliputi koloni mikroorganisme selulolitik, amilolitik, lignolitik, dan mikroorganisme nitrogen fiksasi non simbiotik.

Dekomposer bahan organik sering digunakan dalam pembuatan pupuk organik dengan bahan baku limbah kandang ternak baik ternak ruminansia maupun unggas serta sisa-sisa pakan. Bahan organik tersebut didekomposisikan sedemikan rupa sehingga melewati proses desinfektasi dengan bantuan probiotik, yang akhirnya berubah menjadi pupuk organik yang berkualitas baik. Dekomposer mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik yang dapat secara langsung dimanfaatkan oleh tanaman. (SEGUDANG MANFAAT DEKOMPOSER (pertanian.go.id)

Penggunaan dekomposer dalam pembuatan pengomposan bahan organik, tentunya sangat menarik, karena dengan menggunakan dekomposer ini dinilai cara kerjanya lebih efektif, efisien dan mudah diaplikasikan.

Saat ini dekomposer sudah banyak dijual ditoko-toko online, seperti di Tokopedia, sehingga mudah bagi kita untuk menggunakannya dalam pembuatan pupuk organik sendiri di rumah. 

Baca Juga: Membuat Kompos Dari Sampah Organik atau Limbah Rumah Tangga

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Dekomposer Pengurai Bahan Organik"