PP No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas PP No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PP No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas PP No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Ilustrasi Pendidikan

Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem Pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketentuan mengenai Standar Nasional Pendidikan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar nasional Pendidikan.

Seiring dengan perkembangannya terutama dalam rangka pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai muatan wajib kurikulum pendidikan, pemerintah memandang perlu dilakukan perubahan terhadap beberapa ketentuan yang tercantum dalam PP Nomor 57 tahun 2021.

Sehubungan dengan perubahan tersebut, Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 Januari 2022 telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. 

Peraturan Pemerintah tersebut mulai berlaku sejak diiundangkan  pada tanggal 12 Januari 2022, dan ditempatkan pada Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 14.

Berdasarkan salinannya, keputusan pemerintah untuk menetapkan perubahan Peraturan Pemerintah nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan tersebut dengan pertimbangan bahwa dalam rangka pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu menegaskan Pancasila sebagai muatan wajib dalam kurikulum setiap jenjang pendidikan. 

Pertimbangan selanjutnya adalah bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pendidikan tinggi.

Kemudian yang menjadi pertimbangan lainnya adalah bahwa pengaturan mengenai badan standardisasi, penjaminan, dan pengendalian mutu pendidikan perlu diselaraskan dengan mekanisme akreditasi yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk mengetahui isi dari Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, anda dapat mengunduh peraturan tersebut DISINI.

Download

Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Informasi Lainnya dari Blog Coesmana Family.

Apabila Anda menyukai informasi seputar kesehatan alami dari manfaat tanaman seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, silahkan luangkan waktu untuk membaca artikelnya dalam blog ini pada kumpulan artikel Kesehatandiantaranya adalah artikel :
Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya. 
Salam Coesmana Family. 🙏