27 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) Bagi Kesehatan Tubuh - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) Bagi Kesehatan Tubuh

27 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) Bagi Kesehatan Tubuh/ Pixabay

Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi, antara lain:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1
  3. Vitamin B2
  4. Vitamin B3
  5. asam folat
  6. kalsium
  7. Kalium
  8. Zat besi
  9. Magnesium 
  10. Seng
  11. serat
  12. Selenium
  13. Fosfor
  14. Tembaga
  15. Antioksidan

Beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut:

1. Membantu menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam daun kelor, dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Kadar bebas yang tinggi pada tubuh akan mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif, misalnya diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

2. Kaya antioksidan

Didalam daun kelor mengandung beberapa senyawa antioksidan, termasuk quercetin dan asam klorogenik.

3. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa isothiocyanate yang terkandung di dalam daun kelor, terlupakan untuk bekerja menurunkan kadar gula darah. Sebuah  studi terhadap 30 wanita menunjukkan bahwa 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama 3 bulan mengurangi kadar gula darah sebesar 13,5 persen.

4. Mengurangi peradangan

Manfaat lain dari daun kelor ini adalah dapat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh, misalnya nyeri akibat rheumatoid arthritis. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun kelor, polong dan biji-bijian.

5. Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa manfaat daun kelor lainnya adalah menurunkan kolesterol sebagai penyebab penyakit jantung.

6. Melindungi dari keracunan Arsen

Jenis beras tertentu dianggap mengandung kadar arsenik yang sangat tinggi. Paparan arsenik yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring berjalannya waktu.

Beberapa penelitian pada hewan tikus juga telah menunjukkan bahwa manfaat daun kelor dapat melindungi dari beberapa efek keracunan arsenik.

7. Mencegah sel kanker

Dari tes laboratorium, manfaat daun kelor memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu pengobatan lainnya. Kadar vitamin C dan A pada daun kelor yang merupakan antioksidan membantu melindungi dari kerusakan sel.

8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun kelor  juga dapat mengobati beberapa gangguan mata, yang terdiri dari 18 asam amino penting yang merupakan penyusun protein bagi kesehatan mata.

Daun kelor mengandung khasiat untuk meningkatkan penglihatan berkat antioksidannya yang tinggi.

Manfaat daun kelor untuk mata dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina, mencegah katarak, penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

9. Melancarkan pencernaan

Kandungan vitamin B-nya yang tinggi akan membantu pencernaannya. Ini dapat membantu tubuh saat mengubah makanan menjadi energi, bukan menyimpannya sebagai lemak.

10. Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian bahwa daun kelor efektif dalam mengurangi dan mengontrol penambahan berat badan pada tikus. Dimana kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu menurunkan berat badan.

11. Melancarkan Air Susu Ibu

Daun kelor juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. kandungan asam amino juga bisa mendukung gizi ibu yang sedang menyusui sehingga memperlancar ASI.

Sebuah studi Philippine Journal of Pediatrics, ibu dari bayi prematur yang mengonsumsi suplemen daun kelor komersial mengalami peningkatan suplai ASI sebanyak 125 persen.

12. Hipertensi Menurunkan

Kandungan kalium dan antioksidan dalam daun ini yang berperan aktif untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh.

13. Menjaga daya tahan tubuh

Daun kelor juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal tersebut membuat daun kelor penting untuk meningkatkan imun tubuh.

14. Mengatasi Asam Lambung

Kandungan tanin dan flavonoid di dalam daun kelor bisa meredakan peradangan, iritasi, dan mengatasi gejala maag. Daun kelor memiliki kemampuan mengatasi peradangan sehingga bermanfaat untuk mengatasi asam lambung.

15. Sebagai obat cacing

Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membunuh semua cacing usus yang merugikan.Hasil rebusan daun kelor tersebut kemudian dapat diminumkan pada anak yang menderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

16. Sumber Vitamin C

Daun kelor kaya vitamin C yang memiliki manfaat  untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah penyakit kronis, mencegah serangan jantung, hingga perawatan luka penyembuhan.

17. Mencegah gangguan ginjal

Daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu tingkat toksisitas di ginjal.

18. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor juga memiliki manfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Antioksidan dapat membantu menurunkan ancaman tubuh dari ancaman Parkinson dan Alzheimer. Daun kelor dipercaya dapat membantu untuk mendukung tingkat memori dan kerja otak. 

19. Menunda penuaan dini

Daun kelor bermanfaat untuk menunda penuaan dini dengan cara menghilangkan kerutan, noda hitan, dan garis halus yang bisanya muncul sebagai tanda dini. Daun kelor ini mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

20. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Daun kelor juga memiliki manfaat untuk mencerahkan warna kulit dan juga memperbaiki warna kulit wajah agar rata dan sama. Daun kelor dapat digunakan sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

21. Mengangkat komedo

Daun kelor dapat menghambat produksi minyak yang menyebabkan komedo. Dengan melakukan perawatan secara rutin. Sehingga kulit wajah menjadi bersih tanpa komedo.

22. Menghilangkan jerawat

Daun kelor memiliki sifat anti mikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Daun kelor membantu mengurangi minyak berlebih yang menjadi pemicu munculnya jerawat.

23. Mengecilkan pori

Daun kelor memiliki bahan alami yang dapat membersihkan wajah hingga pori-pori dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

24. Manjadi masker bibir alami

Daun kelor mengandung asam oleat yang baik untuk melembabkan bibir dan membuat bibir menjadi sehat dan cantik.

25. Mencegah anemia pada ibu hamil

Anemia menjadi penyakit yang berisiko untuk ibu hamil . Daun kelor memiliki kemampuan untuk meningkatkan hemoglobin sehingga dapat mencegah risiko penyakit anemia.

26. Mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil

Daun kelor bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang sehat untuk ibu hamil karena memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan saat masa kehamilan.

27. Antioksidan setelah menopause

Daun kelor mengandung antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, yang bermanfaat untuk perempuan setelah menopause dimana produksi hormon estrogen berkurang.

Cara Mengolah Daun Kelor

1. Direbus

Merebus daun kelor dimana air rebusan bisa minum dan daun yang telah digunakan dapat digunakan sebagai lalap.

2. Disayur

Daun kelor bisa dibuat sayur bening dan dapat dicampur dengan sayuran lainnya.

3. Konsumsi dalam bentuk teh

Saat ini telah banyak dijual daun kelor yang telah dijadikan teh.

4. Konsumsi dalam bentuk kapsul

Saat ini telah banyak dijual daun kelor yang telah dijadikan kapsul, sehingga lebih praktis untuk dimakan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "27 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) Bagi Kesehatan Tubuh"