Pisang (Musa paradisiaca) Mengandung Kalium - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang (Musa paradisiaca) Mengandung Kalium

(Pisang (Musa paradisiaca) mengandung Kalium
Sumber: Pixabay)

Pisang  nama latin  Musa paradisiaca  dengan  kandungan kalium dan vitamin yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh yang menjadi buah favorit bagi banyak orang.

Pisang   ini memiliki banyak jenis seperti pisang ambon, pisang cavendish, pisang tanduk, pisang barangan, dan lain-lain. Pisang juga banyak diolah menjadi pisang goreng, pisang nugget, pisang coklat, pisang molen, tepung pisang, dan lain-lain.

Jenis Mengenal Pisang 

Buah Pisang merupakan salah satu hasil pertanian bidang hortikultura, yang sangat berlimpah di negara kita. Pisang memiliki berbagai jenis, antara lain:

1. Pisang Ambon

Pisang ambon banyak dijumpai di pasar maupun supermarket dengan harga yang murah. Pisang ambon memiliki tekstur daging buah yang lembut dan pulen kuning pucat. Karena tekstur inilah yang menjadikan pisang ini dapat dikonsumsi semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. 

2. Pisang Cavendish

Pisang cavendish termasuk salah satu jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang cukup tinggi. Bentuk buah melengkung, memiliki panjang sekitar 14-15 cm, kulit buah berwarna kuning mulus dan bersih saat sudah matang. Pisang Cavendish merupakan buah asli Indonesia yang budidaya terbesarnya di Lampung. Pisang Cavendish dikenal memiliki tekstur khas daging buah yang lembut, padat, dan memiliki citarasa sedikit asam.

3. Pisang Tanduk

Pisang tanduk memiliki ukuran yang cukup besar. Bentuk pisang ini melengkung dan berlari layaknya sebuah tanduk hewan. Itulah mengapa, pisang ini memiliki sebutan pisang tanduk.

Pisang tanduk umumnya memiliki warna hijau dengan kulit buah tebal. Daging buah pisang ini, apabila sudah matang tidak terlalu lembek. Bahkan bisa dibilang tekstur dari daging pisang tanduk keras. Sehingga, apabila cara penyajian pisang tanduk dengan cara terlebih dahulu atau digoreng terlebih dahulu. 

4. Pisang Barangan

Pisang barangan memiliki ukuran panjang sekitar 12-18 cm, daging buah berwarna agak oranye, dan memiliki tanda bintik bintik coklat pada kulit buahnya. Pisang barangan memiliki rasa yang manis dan daging buahnya tidak terlalu lembek. Pisang barangan termasuk ke dalam pisang meja atau pisang yang bisa langsung dikonsumsi. Namun, pisang ini juga kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat kue panggang.

5. Pisang Raja

Pisang raja merupakan jenis pisang lokal dengan rasa khas dan nilai jual tinggi. Pisang raja memiliki ukuran sedang, kulit buah tebal dan berwarna kuning hampir jingga saat sudah matang dengan sedikit corak kehitaman dan rasa khasnya sangat manis serta memiliki aroma yang harum. Selain enak untuk dimakan secara langsung, dan dapat diolah menjadi kue bolu, kue tradisional nagasari, dan es pisang ijo.

6. Pisang Susu

Pisang susu memiliki tekstur yang mirip dengan pisang cavendish. Namun, pisang yang menjadi kegemaran balita dan anak-anak ini memiliki ukuran yang paling kecil dari semua jenis pisang lainnya. 

Kulit buah tipis, berwarna kuning cerah dan berbintik coklat kehitaman, dan bentuk buah melengkung tanpa siku. Rasa pisang susu dengan daging buahnya putih, manis, dan terdapat sensasi creamy layaknya susu. Enak untuk dimakan secara langsung dan dapat diolah menjadi beberapa camilan seperti pisang keju susu, pisang kress vla susu, dan dadar gulung pisang coklat.

7. Pisang Kepok/ Pisang Nipah

Pisang kepok/pisang nipah  identik dengan bentuk yang paling lebar dan ujung pendek pipih. Daging buahnya berwarna kuning hampir jingga, teksturnya lembut dan pulen saat dimakan. Pisang kepok terdapat dua jenis, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Pisang Kepok putih memiliki tekstur daging buah lebih keras dan rasanya sepet, sehingga sering digunakan untuk pakan burung.

Sedangkan pisang kepok kuning termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Cara mengolahnya bisa untuk diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar, kolak pisang dan keripik.

Kandungan yang terdapat didalam buah pisang


Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, dimana buah pisang ini mampu menyediakan energi yang cukup tinggi yaitu 88 kkal, karbohidrat 23 gram, protein 1,2 gram, dan lemaknya 0,2 gram dari 100 gram pisang (Mulyani, 2005).

Pisang juga kaya mineral seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin A  serta mengandung serotonim yang aktif sebagai neurotransmitter untuk kecerdasan otak. Kandungan mineral yang unggul dalam buah pisang adalah kalium yakni berkisar 440 mg.

Kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung, tekanan darah dan membantu pengiriman oksigen ke otak, sehingga buah pisang sering digunakan sebagai makanan pemula yang diberikan pada bayi (Suyanti dan Supriyadi, 2008).

Penyerapan zat besi pada buah pisang hampir 100% dapat diserap oleh tubuh, jika dibandingkan dengan makanan nabati lainnya. Berdasarkan berat kering buah pisang per 100 gram kadar zat besi mencapai 2 mg dan zat seng (zn) 0,8 mg (Khomsan, dkk., 2008).

Manfaat kandungan vitamin dalam buah pisang

Menurut ilmuwan dari Universitas John Hopkins di Amerika Serikat, bahwa potasium (kalsium) yang terdapat didalam buah pisang sangat membantu memudahkan memindahkan garam(natrium) dalam tubuh, sehingga akan cepat menurunkan tekanan darah (Mulyanti, 2005).

Buah pisang juga memiliki banyak manfaat, dimana kandungan nutrisi yang terdapat dalam pisang seperti vitamin A, vitamin B (Thiamine, Riboflavin, Niacin, vitamin B6, Folic Acid), vitamin C, Kalsium, Magnesium, Besi, dan Seng, sehingga pisang merupakan salah satu bahan pangan yang mampu meningkatkan gizi masyarakat (Kasijadi, 2006).

Hasil Olahan dari buah pisang

Hasil pengolahan buah pisang sangat beragam, dapat diolah menjadi:
  1. Tepung pisang
  2. Kue Bolu Pisang
  3. Keripik Pisang
  4. Pancake pisang
  5. pisang goreng
  6. Pisang Rebus
  7. Pisang Bakar
  8. pisang coklat
  9. nugget pisang
  10. salam pisang
  11. kue nagasari
  12. Kolak pisang
  13. Es Pisang Ijo
  14. dan lain-lain .
Setelah kita mengetahui banyaknya kandungan nutrisi dalam buah pisang, semoga buah pisang bisa menjadi menu wajib bagi kita untuk disajikan pada keluarga tercinta.


Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pisang (Musa paradisiaca) Mengandung Kalium"