Buah Pepaya (Carica papaya, L) Kaya Kandungan Vitamin A dan C - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Pepaya (Carica papaya, L) Kaya Kandungan Vitamin A dan C

Pepaya (Carica papaya, L)  memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, karena pepaya mempunyai  tinggi  kadar vitamin C dan Vitamin A.

Pepaya terdapat empat jenis, yaitu carica, jarilla, jacaranta dan cylicomoroph. Pohon pepaya umumnya tidak bercabang tumbuh hingga 5-10 m dengan daun yang berbentuk spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Bentuk buah pepaya bulat memanjang dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap dan setelah masak hijau muda hingga kuning (Bonaditya, 2014).

Pepaya (Carica papaya Linnaeus) merupakan jenis tanaman perdu yang mempunyai tinggi 2-10 meter. Pepaya juga termasuk jenis tanaman tropis basah yang mampu tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 0 m - 1500 m di atas permukaan laut. Selain itu, tanaman pepaya juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Kandungan per 100 gram buah dan daun pepaya mengandung gizi yang sangat baik untuk kesehatan (Jacobson. H, 2009).

Manfaat dan Kegunaan Buah, Daun, Bunga dan Akar Pepaya

Pepaya merupkan salah satu komoditas buah yang memiliki banyak fungsi dan manfaat. Sebagai buah segar, pepaya banyak dikonsumsi selain mengandung nutrisi yang baik, harganya juga relatif terjangkau dibanding buah lainnya (Sujiprihati. S, 2009).

Rudi (2014) menyatakan bahwa kandungan nutrisi didalam buah pepaya memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya  bagi tubuh:

  1. Mengatasi Gangguan Pencemaan. Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencemaan seperti susah buah air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Selain itu kandungan papain buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus mengangkat dan mebersihkan racun-racun yang tidak sengaja diserap tubuh membawanya melalui saluran pembuangan.
  2. Mencegah Flu. Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan seperti batuk, pilek, hingga kanker.
  3. Menjaga Kesehatan Ginjal. Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan, biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, zat aktif yang berperan menjaga kesehatan ginjal.
  4. Mencegah Serangan Jantung Dan Stroke. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
  5. Mempertajam Pengelihatan. Buah pepaya mengandung yang dapat di konversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
  6. Mencegah Penuaan Dini. Kandungan antidioksidan pada buah papaya mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti flek, keriput dan sebagainya.
  7. Kesehatan Kulit. Kandungan vitamin A C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit, selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga mampu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.
  8. Antiradang. Kandungan papain dan cymopapain mampu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Maanfaat ini mampu membantu meneyembuhkan berbagai luka dikulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainya.

Dikemukakan oleh  Almatsier dan Sunita, (2010) pepaya termasuk buah yang kaya gizi, mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin B₁, vitamin B₂, vitamin B3, vitamin B₁, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamn E dan vitamin K.

Buah pepaya merupakan buah-buahan yang serba guna dan mempunyai nilai gizi, di setiap 100 gram mengandung 3,65 mg vitamin A dan 78 mg vitamin C.

Rahmat, (2013) juga  menyatakan bahwa semua bagian tumbuhan pepaya mempunyai manfaat, antara lain: 

  1. akarnya bisa digunakan sebagai obat cacing kremi, ginjal, dan kandung kemih; 
  2. daunnya dapat dimanfaatkan untuk lalapan, menambah nafsu makan, sumber vitamin A, mengobati penyakit beri-beri, obat malaria, demam berdarah, kejang perut, dan sakit panas; 
  3. batangnya dapat diambil untuk pakan ternak; 
  4. bunganya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan bunga hias; 
  5. buahnya dapat dimanfaatkan untuk sayuran, buah, bahan manisan, puree (makanan yang dilembutkan), campuran saus tomat, pasta, dan juice;
  6. buah muda dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan lambung, sariawan, kekurangan ASI; 
  7. bijinya bermanfaat untuk mengurangi berat badan, obat cacing, dan mengeluarkan keringat bagi penderita masuk angin; dan
  8. getahnya bermanfaat untuk melunakkan daging, menghaluskan kulit pada industri penyamakan kulit, bahan baku industri farmasi, dan bahan kosmetik .

Chahyanto, A, B. Roosita, 2013 mengemukakan bahwa didalam buah pepaya hijau banyak terdapat kandungan vitamin. A yaitu sebesar 0,7065 dalam 1 gram buah pepaya hijau. Vitamin A merupakan zat gizi mikro yang penting bagi ibu nifas. Vitamin A membantu hipofise anterior untuk merangsang sekresi hormon prolaktin di dalam epitel otak dan mengaktifkan sel-sel epitel pada alveoli untuk menampung air susu di dalam payudara.

Daging buah pepaya dapat dikonsumsi dalam keadaan masak maupun muda Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar  atau sebagai campuran koktail buah Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dan bunga pepaya dimakan sebagai lalap. 

Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain yang ddapat digunakan untuk melunakkan daging (Dinas Pertanian Cianjur. 2003 dalam    Kharisma, 2017).

Pepaya muda juga telah digunakan sebagai laktagogum di Asia.  Buah ini mengandung enzim-enzim, vitamin C, A, B dan E, serta mineral. Dalam 100 g buah pepaya muda segar mengandung energi 26 kalori, air 92,3 g. protein 2,1 g. lemak 0,1 g. karbohidrat 4,9 g, vitamin A 50 IU, vitamin B 0,02 IU, vitamin C 19 IU, kalsium 50 mg. besi 0,4 mg, fosfor 16 mg ² (Kharisma,2017).

Dalam penelitian yang dilakukan di Nigeria (Oleyede, 2005 dalam Kharisma, 2017) menyebutkan bahwa dalam buah pepaya muda terkandung saponinalkaloidkardenolid, pati (43.28%), gula (15.15%), protein (13.63%), lemak (1.29%), kelembaban (10.65%), serat (1.88%). Hal ini menunjukkan bahwa buah pepaya muda kaya nutrisi dan menjelaskan bahwa pepaya bermanfaat dalam banyak pengobatan.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

(Sumber:Pixabay)

Sumber:

Ramli, R., Hamzah. F. (2017) Pemanfaatan Buah Pepaya (Carica papaya, L) Dan Tomat (Lycopersicum Esculentum MILL) Dalam Pembuatan Fruit Leather. Jom FAPERTA Vol. 4 No. 1 Februari 2017.

Siagian, D.S., dkk. (2019) Kandungan Vitamin A Pada Buah Pepaya Hijau: Solusi Meningkatkan Produksi Asi. PSNKH/2686-5521/Tahun 2019.

Kharisma, Y. (2017) Tinjauan Pemanfaatan Tanaman Pepaya Dalam Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung.

Posting Komentar untuk "Buah Pepaya (Carica papaya, L) Kaya Kandungan Vitamin A dan C"