17 Manfaat Jengkol (Archidendron jiringa) Bagi Kesehatan Tubuh. - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Manfaat Jengkol (Archidendron jiringa) Bagi Kesehatan Tubuh.

Bagi penggemar jengkol, berikut ini kami sajikan kandungan nutrisi dan manfaat jengkol bagi kesehatan.

Jengkol dengan bahasa latin  Archidendron jiringa mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, adapun kandungan nutrisi jengkol yang telah kami rangkum, antara lain:

Kandungan nutrisi dalam 100 gram jengkol antara lain:

  1. Air: 52,7 gram 
  2. Energi: 192 kalori (kal) 
  3. Protein: 5,4 gram 
  4. Lemak: 0,3 gram 
  5. Karbohidrat : 40,7 gram 
  6. Serat: 1,5 gram Abu : 0,9 gram 
  7. Kalsium (Ca): 4 miligram 
  8. Fosfor (P): 150 miligram 
  9. Besi (Fe): 0,7 miligram
  10. Natrium (Na): 60 miligram 
  11. Kalium (K): 241 miligram 
  12. Tembaga (Cu): 0,30 miligram 
  13. Seng (Zn): 0,6 miligram 
  14. Thiamin (Vit. B1): 0,05 miligram 
  15. Riboflavin (Vit. B2): 0,20 miligram 
  16. Niasin: 0,5 miligram; 
  17. Vitamin C: 31 miligram

17 Manfaat Jengkol (Archidendron jiringa) Bagi Kesehatan Tubuh/ Pixabay

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun Manfaat Jengkol bagi kesehatan tubuh yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Mencegah berbagai penyakit kronis 

Jengkol mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jenis antioksidan yang dimiliki jengkol adalah polifenol, flavonoid, terpenoid, hingga alkaloid dimana zat-zat antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek samping zat radikal bebas.

2. Mencegah penyakit diabetes

Kandungan antioksidan yakni polifenol, terpenoid, dan alkaloid dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit  diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada  kelompok tikus yang makan jengkol memiliki kelenjar langerhans yang lebih aktif. Kelenjar langerhans ini bertanggung jawab dalam menghasilkan hormon insulin dan berbagai hormon lainnya yang mengatur gula darah di dalam tubuh.

3. Mencegah masalah lambung

Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang diberikan ekstrak jengkol cenderung terlindung dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sakit maag. Kelompok tikus yang makan jengkol mengalami peningkatan enzim superoxide dismutase (SOD), yaitu enzim yang berperan penting melindungi dinding lambung dari luka akibat asam lambung.

4. Mengurangi peradangan

Dalam sebuah studi mengemukakan bahwa mengkonsumsi daun jengkol dapat mengatasi sejumlah mikroorganisme atau kuman-kuman penyakit termasuk Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermis, dan Microsporum gypsum. 

5. Mencegah anemia 

Kandungan zat besi pada jengkol cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah anemia. Penyakit anemia defisiensi besi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin.

6. Menjaga kesehatan ibu hamil 

Fosfor yang terkandung dalam satu porsi jengkol bermanfaat untuk ibu hamil. fosfor adalah nutrisi yang baik untuk pembentukan tulang pada ibu hamil dan janinnya.

7. Memperkuat tulang dan gigi 

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang terdapat di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini menjadikan jengkol bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya mencegah tulang rapuh.

8. Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Manfaat lain dari jengkol adalah dapat melebarkan dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

9. Menangkal radikal bebas 

Kandungan antioksidan yakni polifenol, terpenoid, dan alkaloid didalam jengkol dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh

10. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan pada jengkol seperti polifenol, terpenoid, dan alkaloid dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung,

11. Membantu Mengatasi Gangguan Metabolik lainnya

Kandungan antioksidan jengkol yakni polifenol, terpenoid, dan alkaloid dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan gangguan metabolik lainnya.

12. Melancarkan BAB

Serat tinggi yang terkandung pada jengkol bisa melancarkan buang air besar dan memperbaiki sistem pencernaan.

13. Kaya akan Asam Folat

Jengkol merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat dapat membantu kesehatan otak.

14. Dapat Membantu Kesehatan Tubuh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat jengkol banyak mengandung zat protein, kalsium, fosfor, asam jengkolat, vitamin A dan B1, karbohidrat, minyak atsiri, saponin, alkaloid, terpenoid, steroid, tanin, dan glikosida.

Biji, kulit batang, kulit buah dan daun jengkol mengandung beberapa senyawa kimia, diantaranya saponin, flavonoid dan tanin.

14. Mengurangi sakit saat PMS

Pada buah jengkol mengandung beberapa komponen aktif  yang diduga dapat menyeimbangkan hormon ekstrogen, ekstrogen dan progesteron yang memengaruhi PMS.

15. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan nutrisi dari buah jengkol dipercaya dapat meningkatkan imun karena memiliki sifat anti-inflamasi.

16. Menurunkan Berat Badan

Jengkol mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bagus dikonsumsi untuk orang yang ingin menurunkan berat badan atau mengatasi perut buncit. Selain itu, gula dalam jengkol juga dapat mempercepat proses pembakaran energi sehingga mampu mengurangi lemak tubuh.

17. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein tinggi yang ada pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh.

Cara Mengkonsumsi Jengkol

Jengkol sudah sangat sering diolah menjadi berbagai jenis makanan, dimana jengkol ini dapat dikonsumsi seperti dengan cara di rendang, dibuat sambel jengkol, dilalap, dibuat kerupuk jengkol.

Beragam manfaat dari jengkol ini, namun kita juga tidak boleh mengkonsumsi jengkol secara berlebihan, mengingat jengkol mengandung asam jengkolat yang bisa menyebabkan gangguan buang air kecil.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.