Manfaat Nanas (Ananas comosus L. Merr) Bagi Kesehatan Tubuh - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Nanas (Ananas comosus L. Merr) Bagi Kesehatan Tubuh

(Nanas (Ananas comosus, L. Merr)
Sumber: Pixabay)

Nanas ( Ananas comusus L. Merr) adalah buah yang memiliki kandungan serat dan udara 90% dan kaya akan kalium, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, iodium, belerang, dan khlor. 

Selain itu, nanas kaya asam, biotin, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, dekstrosa, sukrosa atau tebu, serta enzim bromelin, yaitu enzim protease yang dapat menghidrolisis protein, protease, atau peptide sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging ( Prahasta, 2009).

Gula yang terkandung dalam nanas yaitu glukosa 2,32% fruktosa 1,42% dan sukrosa 7,89%. Asam-asam yang terkandung dalam buah nanas adalah asam sitrat, asam malat, dan asam oksalat. Jenis asam yang paling dominan yakni asam sitrat 78% dari total asam (Irfandi, 2005).

Dalam nanas terdapat kandungan serat sebesar 1,4 gram dan air sebesar 86,37 gram tiap 100 gram daging buah nanas (Sidi, NC, 2014 dalam Embisa, YA. 2016).

Kandungan Nutrisi Buah Nanas ( Ananas comusus  L. Merr) 

Di dalam 100 gram buah nanas, terdapat sekitar 50 kalori dan beragam nutrisi berikut:

kalium 0,5 gram protein
1,5 gram serat
13 gram karbohidrat
10 gram gula
60 IU vitamin A
48–50 miligram vitamin C
18 mikrogram folat
110 miligram
12 miligram magnesium

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan yang sangat kompleks, dengan khasiat yang beragam. Buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat menekan pertumbuhan bakteri pembentuk plak (Angraeni, DP dalam Embisa, YA 2016).

Pada bonggol nanas mengandung enzim bromelain dengan kadar tertinggi dibandingkan dengan bagian nanas lainnya. 

Kandungan bromelain pada nanas dapat digunakan sebagai antiseptik mulut, antibakteri, antijamur dan desinfektan. Enzim bromelain merupakan suatu enzim protease yang mampu menghidrolisis peptida menjadi asam amino. 

Penelitian yang dilakukan oleh Rakhmanda bahwa nanas memiliki efek antibakteri baik menghambat (bakteri-statik) maupun membunuh (bakterisida) penyebab karies terutama Streptococcus mutans yang banyak terdapat pada plak (Rakhmanda, 2008 dalam Embisa, YA, 2016).

Buah nanas juga mengandung khlor, iodium, fenol yang memiliki efek membunuh bakteri. 

Khlor bereaksi dengan udara membentuk hipoklorit yang bersifat bakterisidal.

Iodium merupakan salah satu zat bakterisida terkuat, bekerja dengan cepat dan hampir semua kuman patogen dibunuh. Iodium dipercaya dapat menggumpalkan protein.

Fenol juga merupakan salah satu antiseptik dengan khasiat bakteri, yaitu bekerja dengan cara mendenaturasi protein sel bakteri (Rakhmanda, 2008 dalam Marsela, S., dkk. 2015).

Selain itu kandungan vitamin A pada nanas bekerja untuk menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak, vitamin B bekerja untuk mencegah kerontokan dan vitamin C pada nanas bekerja untuk memberi nutrisi bagi kulit (Rahmat, D., dkk. 2016).

Manfaat Buah Nanas ( Ananas comusus  L. Merr) bagi Kesehatan

Manfaat buah nanas yang dikutip dari www.aladokter.com, antara lain:

1. peningkatan imunitas tubuh

Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Buah nanas juga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti intoleransi makanan dan dan dan sebagainya. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain yang dapat membantu proses pencernaan dan mencegah mencegah.

Bahkan tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa bromelain pada nanas dapat membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang

Kandungan mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan pada nanas dapat bekerja sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Selain itu, buah nanas juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.

4. peningkatan kesehatan jantung

Manfaat buah nanas untuk meningkatkan kesehatan jantung tidak terlepas dari kandungan antioksidan, kalium, serta serat di dalamnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrolnya agar tetap stabil.

Selain itu, konsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah.

5. Mengurangi peradangan

Kandungan bromelain dan antioksidan pada buah nanas bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan nyeri di tubuh, misalnya pada penyakit sinusitis, tenggorokan, atau sendi. Bromelain juga baik dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan mengurangi batuk.

6. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil, buah nanas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tambahkan ke dalam menu diet sehari-hari.

Buah yang rendah kalori ini kaya akan serat, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa nanas bisa membantu meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

Buah nanas umumnya aman dikonsumsi. Namun, buah ini mungkin tidak cocok dimakan oleh orang yang memiliki alergi terhadap lateks, karena nanas bisa memicu kambuhnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, atau diare.

Baca Juga: Banyak manfaat dari sayuran mentimun

Demikianlah manfaat buah nanas, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita dan terima kasih.

Sumber:

Rahmat, D., dkk. 2016. Peningkatan Aktivitas Antimikroba Ekstrak Nanas (Ananas comosus (L). Merr) Dengan Pembentukan Nanopartikel;

Marsela, S. 2015. Pengaruh Mengonsumsi Buah Nanas (Ananas comusus L. Merr) dan Buar Pir (Pyrus bretschneideri) terhadap Jumlah Koloni Streptococcus sp. dalam Air Liur Anak Usia 10-12 Tahun;

Embisa, YA 2016. Pengaruh Konsumsi Nanas (Ananas comosus L. Merr) Terhadap Penurunan Indeks Plak Pada Anak Usia 10-12 Tahun di SD Inpres 4/82 Pandu.

6 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan, diambil melalui www:  6 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan - Alodokter , tanggal 17 Oktober 2021.

2 komentar untuk "Manfaat Nanas (Ananas comosus L. Merr) Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Value info, Rus. Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Nina. Banyak manfaat dari Nanas bagi kesehatan 👍🙏

      Hapus