Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan dan Peluang Bisnisnya - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan dan Peluang Bisnisnya

Buah pinang atau dalam bahasa latin Areca catechu dapat dijadikan bahan untuk membuat jamu tradisional, dan pinang muda dapat dijadikan jus.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan dan Peluang Bisnisnya

Buah pinang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menghaluskan kulit

Buah pinang dapat digunakan sebagai masker untuk menghaluskan kulit wajah. Caranya haluskan buah pinang kemudian tambahkan bubuk kunyit dan tambahkan air secukupnya, aduk seperti pasta dan olehkan ke wajah dan dibiarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas kulit wajah hingga bersih.

2. Menghilangkan jerawat

Buah pinang muda dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya cuci bersih buah pinang muda, kemudian haluskan dan oleskan pada area wajah yang berjerawat, biarkan selama kurang lebih 20 menit.kemusian bilas wajah hingga bersih.

3. Mengatasi sakit pinggang

Buah pinang bermanfaat untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya ambil 2 buah pinang kemudian dibelah dan direbus dengan dua gelas air, tambahkan sedikit gula aren dan kunyit yang sudah digeprek. Biarkan mendidih hingga air menyusut menjadi satu gelas.

4. Sebagai obat kumur

Buah pinang dapat digunakansebagai ramuan obat kumur alami. Caranya rebus muah pinnag yang di belah dua, tambahkan 3 lembar daun sirih dan sedikit garam. Rebus hingga mendidih selama 5 menit. Setelah dingin saring dan gunakan air rebusan sebagai obat kumur.

5. Membantu mengobati cacingan

Buah pinang dapat digunakan untuk membantu mengobati cacingan. Caranya ambil seperempat buah pinang kemudian direbus bersama setengah jari temulawak dan setengah jari kunyit yang sudah di geprek. Setelah mendidih saring airnya, kemudian minum air rebusan secara rutin untuk membasmi parasit cacing didalam tubuh.

6. Menguatkan gigi

Mengunyah buar pinang muda setiap hari dapat membantu menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat.

7. Mencegah pendarahan

Buah pinang dapat membantu membuat luka menjadi lebih cepat mengerin. Caranya haluskan buah pinang kemudian oleskan pada luka.

8. Mengecilkan rahim

Agar rahim setelah melahirkan cepat mengecil, maka dapat menggunakan buah pinang. Caranya ambil satu buah pinang kemudian tumbuk halus, kemudian seduh bubuk pinang dengan air panas, tunggu sampai hangat tambahkan satu sendok madu kemudian diminum secara rutin selama masa nipas.

9. Meningkatkan gairah

Buah pinang dapat digunakan untuk membantu meninkatkan gairahnya karena menandung senyawa arekolin. Caranya ambil satu pinang muda lalu dimakan dengan cara dikunyah. Atau dapat denan meminum air rebusannya.

10. Mengatasi mata rabun

Buah pinang dapat membantu mengurangi rabun mata. Caranya ambil buah pinang muda kemudian airnya di hisap dan ampasnya dibuang. Gunakan secara teratur.

11. Mengencangkan organ rahim

Buah pinang dapat membantu mengencangkan organ rahim. Caranya ambil satu buah pinang muda kemudian dibelah dan direbus kemudian diminum air rebusan secara teratur.

12. Mengobati difteri

Buah pinang dapat membantu mengobati difteri, caranya rebus dua buah pinang muda yang sudah di belah kemudian setelah mendidih airnya disaring kemudian setelah hangat tambahkan madu kemudian diminum. Gunakan sehari sekali hingga penyakit difteri sembuh.

13. Menghilangkan tanda-tanda penuaan dini

Buah pinang dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Caranya ambil beberapa buah pinang tua, kemudian diiris, kemudian jemur hingga kering. Selanjutnya di tumbuk halus hingga menjadi tepung. Kemudian ambil secukupnya bubuk pinang tambahkan air jadikan masker pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

14. Mengatasi kulit kusam dan berminyak

Buah pinang dapat membantumengatasi kulit kusam dan berminyak. Caranya Caranya ambil beberapa buah pinang tua, kemudian diiris, kemudian jemur hingga kering. Selanjutnya di tumbuk halus hingga menjadi tepung. Kemudian ambil secukupnya bubuk pinang tambahkan air jadikan masker pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

15. Mengatasi mulut kering

Buah pinang dapat membantu produksi air liur lebih banyak karena senyawa kimia buah pinang dapat merangsang kelenjar air liur untuk lebih aktif. Air liur juga dapat membantu mencegah seseorang terkena penyalitdiaredan disentri.

Melihat manfaat buah pinang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka buah pinang dapat menjadi peluang bisnis. Kita dapat melakukan budidaya tanaman pinang dimana dalam 1 hektar lahan dapat ditanam kurang lebih 1000 pohon pinang yang akan dapat mengasilkan panen buah pinang sebesar kurang lebih 25.000 ton buah basah untuk satu kali panen. Selain itu biaya perawatan pinang juga cukup terjangkau dan mudah dalam pemeliharaannya.

Adapun syarat tumbuh pinang antara lain:

Pinang dapat tumbuh pada ketinggian 0 – 1000 mdpl. Namun idealnya tanaman pinang ditanam pada ketinggian di bawah 600 meter di atas permukaan laut.

Pastikan tanah yang anda gunakan mempunyai aerasi yang baik. Anda bisa menggunakan jenis tanah laterik, lempung merah atau aluvial.

Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk pertumbuhan pohon pinang adalah 4-8 pH.

Curah hujan ideal yang dibutuhkan tanaman pinang sekitar 750 – 4500 mm/tahun.

Pohon pinang dapat tumbuh optimal pada suhu 20 – 32°  

Pohon pinang membutuhkan kelembaban udara sekitar 50 – 90 %

Pastikan tanaman pinang anda mendapatkan penyinaran yang cukup atau sekitar 6-8 jam/hari.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.