Kumpulan Peraturan Bidang Koperasi dan UMKM - Coesmana Family
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Peraturan Bidang Koperasi dan UMKM

 

ilustrasi koperasi dan UMKM
(sumber: www.freepik.com)

Kumpulan peraturan bidang koperasi dan UMKM disusun untuk memudahkan dalam mencari peraturan-peraturan dibidang koperasi dan UMKM. 

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasaikan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/ atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang ditakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau rnenjadi bagian baik langsung maupun ticlak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Menengah.

Kumpulan peraturan bidang koperasi dan UMKM, yang telah dirangkum berikut ini:

  1. Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Download disini: UU Nomor 20 Tahun 2008.
  2. Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian. Download disini: UU Nomor 17 Tahun 2012.
  3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Download disini: PP Nomor 7 Tahun 2021.
  4. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi. Download disini: Permenkom dan UKM Nomor 11 Tahun 2018.
  5. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 02 Tahun 2019 tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bagi Usaha Mikro dan Kecil. Download disini:Permen Kop dan UKM Nomor 02 Tahun 2019.
  6. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah 05 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi. Download disini: Permen Kop dan UKM Nomor 05 Tahun 2019.

Baca Juga: Kumpulan Peraturan Bidang Perdagangan

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Peraturan Bidang Koperasi dan UMKM"